Jumat, 21 Oktober 2011

Cara Menambahkan Comments Facebook di Blogspot Posting

1 komentar


Setelah melakukan googling untuk mencari tutorial menambahkan facebook comments di blog, begitu banyak tutorial yang saya dapatkan tapi masalahnya ngak ada satupun yang sukses mungkin dikarenakan perbadaan HTML pada stiap blog. karena pada saat melakukan find atas tempat peletakan kode dalam HTML blog saya code is not found
karena merupakan newbie blogger saya pasti bingung alias ngak ngerti gimana cara ngatasinnya. tapi ngak mau putus asah, pokoknya facebook comments harus terpasang di postingan saya, akhirnya saya pelajari tutorial plugin di developer facebook tetang cara pemasangan comment facebook tapi penjelasannya sungguh tidak jelas, hanya para master kayaknya yang baru liat langsung ngerti apa yang di maksudkan. tapi tetep aja ngak mau nyerah sehingga akhirnya sukses juga pemasangannya... hehehehe

catatan penting :

Jadi, pada tutorial ini kita di haruskan menambahkan  facebook comments pada setiap entri (posting), begitu juga dengan entri baru. jadi, kalau sobat telah menambahkan facebook comments pada entri sebelumnya bukan berarti facebook comments tersebut akan muncul pada entri yang baru. kelebihannya komentar entri yang terkomentari tidak muncul pada entri yang lain. beda dengan biasanya, dimana komentar pada sebuah entri terlihat di kesemua entri yang lain, sehingga mambuat si pemilik blog bingung, ntah entri yang mana yang di maksudkan oleh komentator.

Langsung ke TKP ajha dwehh.. !!!
  1. Kalau yang ingin di tambahakan facebook comment adalah entri baru maka TERBITKAN ENTRI terlebih dahulu untuk mendapatkan linknya.
  2. Login ke facebook
  3. Create di Facebook Developer Plugin Comments, untuk ke link tersebut silahkan klik disini 
  4. Maka akan ada kolom create pada site tersebut, contohnya pada gambar di bawah


    URL to comment on
    masukkan URL post anda di  (catatan : URL post maksudnya URL postingan anda bukan URL home (contoh : URL HOME -> htpp://adhiejapannezz.blogspot.com dan URL POST -> http://adhiejapannezz.blogspot.com/2011/10/cara-mendapatkan-credit-imvu-dengan.html) itulah sebabnya untuk entri yang baru harus diterbitkan terlebih dahulu, tujuannya untuk mendapatkan linknya.


    Number Of Post adalah jumlah komentar yang di display.

    Width ukuran panjang horisontal. sesuaikan dengan ukuran template entri di blog sobat.

    Color Scheme kalau pilih light maka warna font pada facebook commets berwarna hitam, kalau pilih Dark warna font putih ke abu-abuan.
    (catatan : kalau blog sobat memiliki warna backround post terang silahkan pilih Light  kalau memiliki warna backround post gelap pilih Dark )

    *  Klik Get Code maka akan muncul window seperti dibawah :


    *  Di window tersebut pada kode no 1 anda copy dan letakkan di HTML blog anda dan copy di bawah <body> (caranya : loggin ke blogger -> http://www.blogger.com pilih <rancangan> -- <edit HTML> kalau menggunakan mozilla tekan ctrl+f masukkan pada kolom find <body> masukkan kode facebook comments no 1 di bawah <body>

    *  Kode no 2 di window tersebutlah merupakan plugin facebook comments yang akan kita copy dan masukkan ke dalam postingan. caranya :

    -  Edit postingan, pilih POSTING dan EDIT ENTRI klik EDIT pada post yang ingin di tambahkan facebook comments.
    -  Masuk ke Edit HTML postingan. seperti gambar di bawah :


    -  Letakkan kode <BR> paling  bawah, sebagai spasi antara jarak postingan dengan facebook comments <BR> merupakan satu spasi <BR><BR> dua spasi <BR><BR><BR> tiga spasi dan seterusnya.

    -  Copy dan Paste kode plugin facebook comments tersebut di bawah kode <BR> yang telah di tambahkan tadi. (contoh hasil seperti gambar di bawah : )



    -  Jika ingin menambahkan keterangan seperti (Facebook Comments) di atas copy dan paste kode berikut dan letakkan di bawah <BR> sebelum kode facebook commets.

    <blink><font face="comic sans MS" size="5" color="blue"><b>Facebook Comments</B></font></blink>

    -  Tulisan yang berwarna merah anda ganti dengan keterangan sesuai keinginan anda.
    -  Tulisan yang berwarna biru adalah jenis font anda bisa gantikan dengan font yang lain.
    -  Kode tersebut merupakan kode kedap-kedip, jika ingin menjadikannya teks normal tanpa kedap-kedip hapus kode <blink> dan </blink>

    * Klik TERBITKAN ENTRI

    *  Sebagai pemilik blog anda harus menjadikan diri anda moderator pada facebook comments tersebut, agar anda bisa show and hidden komentar yang menurut anda tidak baik dan juga bisa banned ID tersebut.
    - caranya : copy kode berikut

    <meta property="fb:admins" content="{YOUR_FACEBOOK_USER_ID}"/>

    ganti {YOUR_FACEBOOK_USER_ID}dengan ID facebook anda.
    contoh : http://www.facebook.com/adhie.japannezz
    adhie.japannezz ini lah yang ID yang di maksudkan.
    kalau ID anda seperti ini http://www.facebook.com/profile.php?id=100000508862030
    maka yang anda masukkan adalah 100000508862030

    paste kode tersebut di HTML blog anda,

    -  Login blogger -> http://www.blogger.com
    -  Pilih <rancangan> -> <edit HTML>
    -  Cari kode <head> paste kode tersebut di bawah <head>

    -  Selesai, SIMPAN TEMPLATE (SAVE TEMPLATE)

Facebook Comments

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mampir sini ya http://komikgo.blogspot.com/ baca komik bahasa indonesia

Posting Komentar